Penemu Versus Pengusaha

Penemu Versus Pengusaha

Terdapat kerancuan besar tentang sifat dari seorang pengusaha ketika dibandingkan dengan seorang penemu. Penemu/inventor, yaitu seseorang yang menciptakan sesuatu untuk pertama kalinya adalah seseorang yang sangat digerakkan oleh motivasi kerja atau gagasan pribadinya. Disamping sangat kreatif, seorang penemu cenderung berpendidikan tinggi baik pada tingkat sarjana atau mungkin lebih. Keluarga, pendidikan

serta pengalaman kerjanya membantunya untuk mengembangkan secara kreatif dan berpikiran bebas. Seseorang yang mampu merubah masalah rumit menjadi sederhana, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, bersedia mengambil resiko dan mempunyai kemampuan untuk menoleransi kerancuan dan ketidakpastian. Tipikal penemu adalah menempatkan nilai yang tinggi untuk menjadi seorang pecapai dan mengukur hasil pencapaian dengan jumlah penemuan yang dikembangkan serta jumlah paten yang didapatkan. Seorang penemu belum tentu menempatkan keuntungan moneter sebagai penanda ukuran sukses.

Entrepreneur class stie bpkp, kelas karyawan biaya murah di jakarta
Model sepatu Nike pertama

Sebagaimana dijelaskan tadi, seorang penemu sangatlah berbeda dari seorang pengusaha. Jika seorang pengusaha jatuh cinta dengan organisasi (usaha baru) dan akan melakukan hampir segalanya untuk menjamin kelangsungan pertumbuhan usaha, maka seorang penemu jatuh cinta dengan penemuan dan mungkin akan keberatan memodifikasi penemuannya untuk membuat penemuan itu menjadi lebih layak secara komersial. Perkembangan sebuah usaha baru yang didasarkan pada pekerjaan seorang penemu sering kali membutuhkan keterampilan pengusaha dan pendekatan tim, sebab banyak penemu yang tidak dapat berfokus pada hanya satu penemuan dalam jangka waktu yang cukup untuk mengkomersilkan penemuan itu. Penemu sangat menikmati proses menemukan bukan mengimplementasikannya.

Herlambang Adi G.