Bidang pekerjaan dan Profesi lulusan Akuntansi

Bidang pekerjaan dan Profesi lulusan Akuntansi

Akuntan adalah sebutan dan gelar profesional yang diberikan kepada seorang sarjana yang telah menempuh pendidikan di fakultas ekonomi jurusan akuntansi pada suatu universitas atau perguruan tinggi dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Sedangkan Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.Apa saja profesi yang dapat digeluti bagi seorang akuntan, bagaimana peluang seorang lulusan Akuntansi mencari pekerjaan?

  1. Public Accounting ; Yang biasa dikenal dengan akuntan eksternal ini merupakan akuntan independen yang memberikan jasa-jasanya dengan pembayaran tertentu. Akuntan publik ini tentu bekerja bebas dan umumnya mendirikan kantor akuntan sendiri. Akuntan yang bekerja di kantor akuntan publik tetap disebut akuntan publik (bukan dibawah perusahaan).
  2. Account officer ; Adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan / organisasi dan biasa disebut akuntan manajemen. Jabatan akuntansi intern pada perusahaan dapat diduduki oleh staff biasa, kepala bagian atau direktur keuangan.
  3. Tax Consultant ; Konsultan pajak adalah tenaga spesial yang menjadi partner badan usaha atau perorangan dalam menyelesaikan kewajiban pajak mereka, Konsultan pajak bukanlah sekedar pekerja yang di tugaskan oleh perusahaan untuk mengerjakan pajak perusahaan tetapi membantu menyelesaikan masalah mereka dibidang per pajakan dengan berbekal pengetahuan dan pengalamannya.
  4. Tax Specialist ; Tax Specialist adalah Profesional yang bukan pegawai DJP atau konsultan pajak, yang memiliki kemampuan dan latar belakang yang memadai untuk melaksanakan kewajiban dan kepatuhan perpajakan. Memberikan analisa atas setiap permasalahan perpajakan yang terjadi, serta menginformasikan dampak dari setiap perubahan tersebut.
  5. Entrepreneur ; Saat ini, pilihan untuk memiliki usaha sendiri adalah salah satu jenis karir favorite para fressh graduate, bahkan mereka memulai saat belum lulus kuliah.Bila Anda berlatarbelakang pendidikan akuntansi maka anda bisa memulai sebagai konsultan akuntansi, kemudian secara bertahap menuju ke arah yang lebih besar, misalnya dengan membuka kantor akuntan publik (KAP).
  6. Lecturer/Teacher ; Dosen atau guru yang mengajar dibidang akuntansi atau seorang trainer yang memberikan informasi mengenai akuntansi dan keuangan.
  7. Financial Analyst ; Seorang financial analyst atau analis keuangan akan memberikan identifikasi, prediksi dan kecenderungan sebuah bisnis serta memberikan solusi untuk mengurangi resiko bisnis. Seorang financial analyst akan menggunakan laporan keuangan untuk menganalisa kondisi keuangan suatu perusahaan dan untuk menilai kemampuan perusahaan di masa depan.
  8. Account Recievable ; Sesuai dengan namanya maka tugas dari seorang Account Receivable adalah menangani proses akuntansi piutang. Proses pencatatan Account Receivable adalah saat pelanggan membeli dengan Down Payment atau saat membayar semuanya di muka.
  9. Account Payable ; Seorang Account Payable Clerk bertanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh dokumen yang berhubungan dengan Account Payable. Dokumen-dokumen tersebut antara lain invoice, laporan perpajakan, prepaid expenses dan accrual and balance sheet reconciliation. Proses pencatatan Account Payable dimulai setelah perusahaan mengakui utang yang dimiliki perusahaan terhadap perusahaan lain atau vendor.
  10. Financial Planner ; Seiring dengan bertumbuhnya golongan menengah dan peningkatan kesejahteraan yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia maka kebutuhan seseorang akan seorang yang bisa memberikan advise di bidang keuangan juga meningkat. Peluang ini sudah dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa orang yang menekuni profesi sebagai financial planner atau perencana keuangan.
  11. Credit Analyst  ; Tugas utama seorang credit analyst adalah menganalisa kemampuan calon pencari kredit dalam hal membayar kembali pinjamannya, baik membayar pokok pinjaman dan bunganya. Seorang credit analyst dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, misalnya bank dan lembaga leasing (pembiayaan). Keahlian mereka sangat vital.
  12. SAP Consulting ; SAP Application Consultant atau SAP Functional Consultant adalah salah satu dari dua jenis konsultan SAP. Seorang SAP Functional Consultant bertugas untuk fokus pada proses bisnis yang akan diimplementasikan.Misalnya mengumpulkan user requirement, melakukan analisa, mendesain proses bisnis, dan menerapkannya di aplikasi SAP. Seorang Functional Consultant harus paham mengenai proses bisnis suatu industri atau perusahaan.
  13. Business Analyst ; Seorang analis bisnis adalah orang yang bertugas menganalisis kebutuhan-kebutuhan bisnis dan permasalahan penting bagi para pemangku kepentingan dan mengusulkan solusi-solusi praktis.
  14. Auditor ; Menjadi Auditor profesional adalah salah satu jenis profesi yang layak menjadi pilihan bagimu yang kuliah di Akuntansi. Lazimnya sebuah profesi yang baik, profesi auditor menjanjikan sebuah pekerjaan yang menantang dan masa depan yang cerah.

Herlambang Adi G.