Kegiatan seminar motivasi di Kabupaten Lebak Banten

Kegiatan seminar motivasi di Kabupaten Lebak Banten

Bersama para Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat para Dosen STIE BPKP melaksanakan kegiatan seminar Motivasi di SMKN 1 Kecamatan Malimping, dan di SMUN 1 Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten .

Badan Pusat Statistik ( BPS) memprediksi bonus demografi yang dimiliki Indonesia saat ini akan berakhir tahun 2036 mendatang. Bonus demografi adalah besarnya penduduk usia produktif antara 15 tahun hingga 64 tahun dalam suatu negara. Berdasarkan sensus penduduk terakhir tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia mencapai 237,64 juta jiwa. Lima wilayah paling padat yakni di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Banten. 

Terdapat sebuah indikator yang dapat digunakan dalam melihat potensi terjadinya bonus demografi, yaitu dengan cara mengetahui jumlah angka ratio ketergantungan penduduk yang rendah. Ratio ketergantungan sendiri merupakan perbandingan antara jumlah penduduk yang berada di usia tidak produktif dengan jumlah penduduk di usia produktif. Di dalam catatan BPS (Badan Pusat Statistik), sejak tahun 1971 – 2016 grafik ratio ketergantungan penduduk di Indonesia terus mengalami penurunan hingga mencapai 48,4% di tahun 2016.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk dapat memaksimalkan peluang dari bonus demografi ini, antara lain:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia tidak hanya di perkotaan saja, namun juga di pedesaan, terutama di daerah yang terpencil.
  2. Mengadakan pelatihan – pelatihan guna meningkatkan kemampuan atau skill yang berguna dalam mencari pekerjaan.
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan terutama di bidang kejuruan seperti teknologi informasi, otomotif, tata boga, tata busa dan lain sebagainya.
  4. Membuka lapangan pekerjaan baru guna menyerap tenaga kerja di sekitar tempat kerja.
  5. Memberikan beasiswa bagi siswa ataupun mahasiswa berprestasi.

Program Pelatihan Motivasi dan pengembangan karakter ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang bersedia untuk mengikuti acara pelatihan selama satu hari. Dengan harapan diperolehnya masyarakat yang ikut berperan serta yang pada akhirnya Indonesia dapat memanfaatkan momentum bonus demografi dan menjadi negara maju.