Seminar Pendidikan Nasional STIE BPKP

Seminar Pendidikan Nasional STIE BPKP

Dengan mengusung tema “Membangun kompetensi untuk memenangkan kompetisi” Seminar sehari yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi BPKP usai dilaksanakan pada hari minggu tanggal 25 September 2022.

Dengan Narasumber H. Arpinus Koto S.E., M.M yang menekankan tentang pentingnya Keahlian, Pengetahuan dan Karakter untuk memanfaatkan bonus demografis Indonesia di masa yang akan datang. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2035 Indonesia diperkirakan memasuki masa bonus demografi dengan periode puncak antara tahun 2020-2030. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah penduduk usia produktif yang mencapai dua kali lipat jumlah penduduk usia anak dan lanjut usia. Sehingga diatas kertas, hal ini merupakan sebuah keuntungan besar bagi Indonesia, jika dibandingkan dengan negara Jepang yang di masa depan penduduknya lebih banyak yang berusia tua. Sehingga Indonesia memiliki tingkat produktivitas yang seharusnya lebih baik daripada Jepang.

Download Sertifikat Disini

Kompetensi dapat diartikan juga sebagai karakter individu yang dapat diukur dan ditentukan untuk menunjukkan perilaku dan performa kerja tertentu pada diri seseorang (Spencer, McClelland & Spencer, 1994). Jadi, kompetensi merupakan panduan bagi perusahaan untuk menunjukkan fungsi kerja yang tepat bagi seorang karyawan. Kompetensi berkaitan dengan sikap (apa yang dikatakan dan dilakukan seseorang) yang menunjukkan performa seseorang baik atau buruk.

Pada dunia kerja, kompetensi dibutuhkan untuk mengetahui tipe pekerjaan seperti apa yang tepat bagi seseorang. Apabila kompetensi atas diri seorang karyawan telah diketahui maka perusahaan pun mampu membantu untuk mengembangkan pribadi melalui training atau pelatihan tertentu. Selain itu, kompetensi yang dimiliki seorang karyawan mampu menjadi petunjuk bagi perusahaan untuk mengetahui sejauh mana ia mampu menampilkan diri dan memberikan hasil kerja optimal untuk perusahaan.

Download Sertifikat Disini