One Day Seminar STIE BPKP, Transparansi keuangan di era Industri 4.0

One Day Seminar STIE BPKP, Transparansi keuangan di era Industri 4.0

Bekerjasama dengan Ditjen PDTU Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Badan Eksekutif Mahasiswa divisi Sumber Daya Manusia melaksanakan Seminar sehari dengan menghadirkan nara Sumber Drs. Hasman Ma’ani Msi. dan Herlambang Adi Gunawan S.S.T., M.M. Seminar dilaksanakan di Hotel Narita Tangerang 12 Agustus 2018.

Mengangkat  Konsep revolusi industri 4.0 yang pertama kali diperkenalkan oleh Profesor Klaus Schwab. Ekonom terkenal asal Jerman itu menulis dalam bukunya, The Fourth Industrial Revolution bahwa konsep itu telah mengubah hidup dan kerja manusia. Seminar ini mengingatkan para akuntan untuk mengantisipasi dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di dunia keuangan.

Berbicara tentang transparansi keuangan di KemendesPDTT Drs. Hasman Ma’ani Msi juga menyampaikan dasar-dasar hukum pengelolaan keuangan negara, sektor-sektor prioritas, dan 7 prinsip pengadaan barang dan jasa pemerintah yang antara lain Efisien, Efektif, Transparan, Terbuka, Bersaing, Adil dan Akuntabel. Selain itu dipaparkan pula tentang sistem informasi pengadaan barag dan jasa seperti E-Procurement, E-Katalog, SIRUP.
Adapun sebagai pembicara kedua Herlambang Adi Gunawan S.S.T., M.M., menyampaikan bagaimana peran Akuntan di dalam era Industri 4.0 dan talenta SDM seperti apa yang mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja di masa datang.