Seminar Cyber Security

Seminar Cyber Security

Seminar sehari yang diisi dengan materi keamanan transaksi keuangan Badan Eksekutif Mahasiswa STIE BPKP dilaksanakan di Ballroom Mall Taman Palem Cengkareng pada 27 Agustus 2023.

Berdasarkan laporan kejahatan siber secara global, kerugian dari kejahatan siber meningkat signifikan dari 6,9 miliar dolar AS pada tahun 2021 menjadi 10,2 miliar dolar AS di tahun 2022. Keamanan data masih menjadi tantangan transaksi keuangan digital di Indonesia, meski transaksi keuangan digital di Tanah Air mengalami pertumbuhan yang pesat . Ancaman kejahatan siber seperti peretasan, pencurian identitas, atau penipuan online menjadi risiko yang dihadapi oleh pengguna dan penyedia layanan keuangan digital.

Atas alasan yang ada maka penting kiranya para generasi muda untuk memahami apa saja yang menjadi ancaman pada transaksi keuangan online, bagaimana sistem keamanan dibangun dan bagian mana yang sangat rentan untuk diretas oleh para pelaku kejahatan cyber saat ini.

Bapak Arief Deswandi sebagai Narasumber membeberkan dengan jelas masalah-masalah umum yang sering terjadi pada kejahatan transaksi online ini, beliau juga menyampaikan pentingnya pengetahuan digital bagi para pengguna gadget yang digunakan untuk melakukan transaksi.